Laporan Akhir Percobaan 3
1. Komponen [kembali]
#include
<LiquidCrystal.h>
#include
<Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
//four rows
const byte COLS = 3;
//three columns
char keys[ROWS][COLS] =
{
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] =
{10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] =
{13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad
// initialize the
library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0,
A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad(
makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// set up the LCD's number of columns and
rows:
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() {
char key =
keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
PERCOBAAN 3
1.
Pada rangkaian percobaan 3
digunakan pin LED D4-D7, kenapa tidak digunakan dari pin D0?
Jawab :
Karena
pin pin D4-D7 berfungsi sebagai penerima dari pin analog dari Arduino, dan pin
analog pada Arduino hanya memiliki 4 pin sebagai input ke LCD
2. Pada rangkaian percobaan 3
digunakan keypad 3x4, bagaimana jika digunakan keypad 4x4? Jelaskan!
Jawab :
Perubahan
yang terjadi pada listing program arduino nya, ketika kita mendeklarasikan sebelumnya cols = 3 maka akan menjadi cols =
4. Artinya kita telah mengubah keypad yang awalnya 3x4 menjadi 4x4. Kemudian
kita juga mengubah
{'1','2','3'},
Menjadi
{'1','2','3',’*’},
{'4','5','6'},
{'4','5','6',’*’},
{'7','8','9'},
{'7','8','9',’*’},
{'*','0','#'}
{'*','0','#',’*’}
Perubahan
yang terjadi adalah kita bisa memasukan perintah yang lain pada tanda * seperti
tanda tambah (+), kurang (-), kali (x) dan bagi (:)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar