Laporan Akhir Percobaan 3

 
[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]




1. Komponen [kembali]

a. Arduino UNO

Gambar 1. Arduino

b. LCD
Gambar 2. LCD

c. Keypad

Gambar 3. Keypad


2. Rangkaian Simulasi [kembali]

Gambar 4. rangkaian Simulasi Percobaan 3

Gambar 5. Rangkaian Simulasi RUN Percobaan 3


3. Flowchart [kembali]

Gambar 6. Flwochart


4. Listing Program [kembali]

#include <LiquidCrystal.h>

#include <Keypad.h>

 

const byte ROWS = 4; //four rows

const byte COLS = 3; //three columns

char keys[ROWS][COLS] = {

    {'1','2','3'},

    {'4','5','6'},

    {'7','8','9'},

    {'*','0','#'}

};

 

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

 

// initialize the library with the numbers of the interface pins

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {

  // set up the LCD's number of columns and rows:

  lcd.begin(20, 4);

  lcd.setCursor(1,2);

  lcd.setCursor(4,3);

  lcd.setCursor(0,0);

}

 

void loop() {

char key = keypad.getKey();

 

    if (key) {

        lcd.print(key);

    }

}



5. Video Simulasi [kembali]





6. Analisa [kembali]

PERCOBAAN 3

1.        Pada rangkaian percobaan 3 digunakan pin LED D4-D7, kenapa tidak digunakan dari pin D0?

Jawab :

Karena pin pin D4-D7 berfungsi sebagai penerima dari pin analog dari Arduino, dan pin analog pada Arduino hanya memiliki 4 pin sebagai input ke LCD

2.  Pada rangkaian percobaan 3 digunakan keypad 3x4, bagaimana jika digunakan keypad 4x4? Jelaskan!

Jawab :

Perubahan yang terjadi pada listing program arduino nya, ketika kita mendeklarasikan  sebelumnya cols = 3 maka akan menjadi cols = 4. Artinya kita telah mengubah keypad yang awalnya 3x4 menjadi 4x4. Kemudian kita juga mengubah

{'1','2','3'},       Menjadi           {'1','2','3',’*’},

{'4','5','6'},                               {'4','5','6',’*’},

{'7','8','9'},                               {'7','8','9',’*’},

{'*','0','#'}                                {'*','0','#',’*’}

Perubahan yang terjadi adalah kita bisa memasukan perintah yang lain pada tanda * seperti tanda tambah (+), kurang (-), kali (x) dan bagi (:)



7. Link Download [kembali]

Download HTML - Disini
Download File Rangkaian - Disini
Download Video Simulasi - Disini
Download program arduino - Disini
Download library arduino uno - Disini
Download library header LCD - Disini
Download library header Keypad - Disini
Download datasheet arduino - Disini
Download datasheet LCD - Disini
Download datasheet Keypad - Disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar